DOA

doa

Doa adalah senjata orang mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi (HR. Abu Ya’la). Pernahkah mendengar hadits tersebut? Tentu sering bukan? Ya, karena doa adalah otaknya (sumsum/intinya) ibadah, sesuai hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk banyak berdoa pada Allah. Bukankah Allah memerintahkan kita sebagai hamba-Nya yang lemah untuk senantiasa berdoa pada-Nya?

“Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk ke neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (Q. S. Ghaafir [40]: 60).

Apabila kita tak pernah meminta apapun pada Allah, bukankah itu termasuk dalam kesombongan? Dan, jangan sampai kita termasuk golongan hamba yang dimurkai-Nya karena kesombongan itu. “Barangsiapa tidak (pernah) berdoa kepada Allah maka Allah akan murka kepadanya.” (HR. Ahmad)

Na’udzubillahi min dzalik! Semoga kita bukanlah termasuk orang-orang yang sombong.

Kita bisa belajar dari hamba-hamba Allah yang mulia, berdoa dengan doa yang indah, merendahkan hati di hadapan Yang Maha Berkuasa, kata-kata yang santun, dan penuh pengharapan akan terkabulnya doa, serta senantiasa mengagungkan keesaan Allah. Bukankah lebih baik berdoa dengan doa yang telah dicontohkan? Bukan berarti berdoa dengan “bahasa” sendiri tidak diperbolehkan, Allah Maha Mengetahui segalanya…

Semoga faedah ilmu ini memberikan kita motivasi untuk terus berdo’a dan banyak memohon pada Allah. Setiap do’a pasti bermanfaat. Setiap do’a pasti akan diberi yang terbaik oleh Allah menurut-Nya. Jadi jangan putus untuk terus memohon.

Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s